Rabu, 27 Mei 2009

Nasi Sek



Saya mengenal nasi sek ini ketika saya dan teman-teman kantor berlibur di daerah Pariaman (Sumatera barat) tepatnya di sekitar Pantai Artha, kebetulan dulu saya bertugas di kota Padang. ketika acara liburan kami pergi berlibur disana. kami menikmati pemandangan laut yang indah dengan disisi pantai para pedagang menawarkan dagangannya ada goreng udang, cumi dan juga emping dari buah melinjo. Setelah kami puas berjalan dan menikmati pemandangan pantai Arta, akhirnya tibalah acara makan siang. Untuk makan siang kami memilih tempat makan dipinggir pantai. Di pariaman terkenal dengan yang namanya "Nasi Sek" (ini bukan porno) tapi ya itulah namanya nasi sek singkatan dari Seribu kenyang (sek) memang unik dan aneh kedengarannya. Harga harga nasi sek sekarang tidak seribu rupiah lagi tapi yang jelas terjangkau oleh kocek kita. Nasi sek yaitu nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan lauk-pauk pada umumnya. Rasa nasi sek tidak ada bedanya dengan nasi biasa cuma penyajiannya saja yang agak unik dibungkus dengan daun pisang.

Kami lalu memilih salah satu tempat makan yang ada, setelah itu pelayannya datang dan menanyakan menu apa yang akan di pesan. Lalu kami memesan makanan tak lama kemudian pesanan datang. Yang unik dari Nasi Sek adalah nasinya di bungkus dengan daun pisang dang dibungkus sebesar kepalan tangan anak-anak dan diletakan beberapa bungkus didalam piring dan cara penyajiannya adalah semua lauk pauk dihidangkan dalam beberapa piring dan kita bebas memilih lauk mana yang akan kita makan. Jika kita ingin makan maka kita ambil nasinya sesuai kebutuhan. Nasi sek di sajikan bersama lauk pauk, seperti ikan goreng, ikan masak pedas, teri goreng, ayam dan menu lainnya dan yang uniknya adalah sala cumi. Sala cumi adalah cumi yang digoreng dengan tepung yang rasanya sangat enak dan gurih, jika pembaca ingin menikmati nasi sek datang saja ke daerah pariaman tepatnya disekitar pantai Arta. Pantai artha dapat ditempuh lewat darat dari kota Padang ataupun menggunakan Kereta api wisata. Akan berkesan jika kita ke Pariaman menggunakan kereta api wisata dari kota padang, kita akan disuguhi pemandangan yang indah dan pantainya yang bagus dan kita merasa kembali ke jaman dahulu.

Nasi sek yang dibungkus daun pisang terasa wangi sekali, karena dibungkus ketika nasi masih panas, apalagi tambah lauk pauk dan lalapan daun singkong serta sambal wah terasa nikmat sekali. selain nasi sek di sini juga ada air Kombi ayo penasaran apa itu air Kombi, saya juga pertama kali bingung. Air Kombi adalah air kelapa muda ha... haa.. memang nasi sek unik sih tapi dijamin nikmat dan berkesan apalagi harganya terjangkau. Makan nasi sek memang nikmat apalagi ditambah dengan minum air kombi/kelapa muda dan bagi yang suka minum teh telur itu menambah sensasi nikmat. Warung nasi sek selalu ramai dikunjungi apalagi di jam makan siang ayo cepat datang ya ke Pariaman untuk menikmati nasi sek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda, terima kasih