Senin, 25 Mei 2009

Jadilah diri Kita Sendiri

Kita kadang sering bertanya atau bergumam dalam hati kita kenapa ya saya begini, menjadi begini dan banyak pertanyaan lain yang berkecamuk dalam diri kita menyangkut kehidupan yang kita hadapi di dunia ini. Mungkin seseorang berangan-angan kenapa ya saya hanya jadi pedagang kecil kenapa tidak seperti si anu yang menjadi pengusaha besar atau kenapa saya menjadi pegawai kecil tidak menjadi pejabat yang enak nasibnya. Kalau kita bercermin dari hal yang tersebut diatas, menjadi diri sendiri tidaklah mudah dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan dimana kita tinggal atau berada. Jadilah diri sendiri dengan tidak menyesali apa yang telah ada pada diri kita, ya setidaknya kita harus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT terhadap rahmat dan hidayah-Nya kepada kita. Menjadi diri sendiri memang bukan hal yang gampang kita ucapakan tapi kalau kita renungkan akan apa yang telah kita capai maka kita tidak perlu menjadi orang lain, misal kita pegawai kecil kita harus bersyukur karena kita masih bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan dan tidak usah berpikir menjadi diri orang lain. Menjadi diri sendiri disini bukan berhubungan dengan cita-cita atau keinginan. Kita memang harus mempunyai cita-cita atau keinginan untuk mencapai kesuksesan, misal mau menjadi dokter, pegawai negeri atau pengusaha. Cita-cita harus kita gapai karena merupakan masa depan kita.

Menjadi diri sendiri adalah setiap perbuatan kita adalah mencerminkan diri kita tanpa dipengaruhi oleh orang lain atau meniru orang lain. Kalau kita menjadi diri sendiri kita tidak akan kehilangan figur, karena memang datangnya dari diri kita sendiri. Kalau kita menjadi diri orang lain maka kita akan merasa tidak nyaman karena kita harus menyesuaikan sesuatu yang berkaitan dengan diri orang lain. Misal sifat kita adalah pendiam tetapi kita mau menjadi diri orang yang yang periang dan banyak bicara seperti si anu maka kita akan mengalami perubahan sifat yang bertentangan dengan sifat asli kita dan kita harus mencari mengetahui semua yang ada pada diri yang kita contoh.

Jadilah dirimu sendiri, karena diri sendiri adalah sifat dasar yang kita bawa dari lahir dan menjadi ciri khas yang tidak akan hilang dan dikenal oleh lingkungan kita, misalnya orang mengenal kita sebagai pendiam itu akan menjadi ciri kita dan orang akan bingung dengan perubahan yang kita buat-buat untuk menjadi diri orang lain. Tidak usah bermimpi kita mau menjadi diri orang lain bersyukur merupakan jalan keluar yang baik untuk memantapkan pendirian kita menjadi diri sendiri.

Dari pernyataan diatas dapat kita simpulkan beberapa hal yang menjadi kita semakin mantap untuk menjadi diri sendiri :
  1. Hendaklah kita bersyukur atas apa yang telah diberikan sang pencipta kepada kita
  2. Tidak pernah menyesali kita menjadi begini atau nasib kita.
  3. Memacu semangat untuk mencapai cita-cita kita.
  4. Jangan pernah bermimpi kita seakan sama seperti orang lain dalam hal menyangkut kepribadian.
  5. Tetap focus dalam menjalankan kehidupan kita sehari-hari.
Dengan beberapa hal tersebut diatas kita dapat melangkah dengan pasti untuk menjadi diri sendiri dan tidak merasa kecil atau pusing memikirkan orang lain yang berbeda dengan kita, setiap langkah kita adalah masa depan kita maka jadilah dirimu sendiri.

Menjadi diri sendiri memang menyenangkan ...........dan awali hidupmu untuk menjadi diri sendiri bukan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda, terima kasih