Rabu, 13 Mei 2009

Arti Pohon

Arti Satu Batang Pohon


Satu batang pohon yang kita tanam memiliki arti yang sangat besar dalam kehidupan di muka bumi ini, mungkin ini terdengar sangat miris bagaimana satu batang pohon mempengaruhi kehidupan di bumi. Bila kita cermati lebih dalam maka kita dapat mengambil intisari dari kata-kata diatas, coba bayangkan satu pohon kita tanam akan tumbuh menjdi satu pohon yang besar dan akan menghasilkan buah yang akan mewariskan berjuta-juta bibit yang dapat menghijaukan seluruh bumi. Satu pohon, satu orang yang menanam bayangkan kalau hampir 2 milyar orang di dunia ini menanam satu pohon saja.
Kita tidak dapat memungkiri bahwa dalam kehidupan di bumi ini memerlukan keseimbangan antara manusia dan makhluk lainnya, khususnya tumbuh-tumbahan atau pepohonan. Manusia membutuhkan oksigen untuk hidup, oksigen diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan dan dihirup oleh kita, begitu juga sebaliknya tumbuhan menyerap karbon dioksida diudara untuk proses photosintesis atau proses pembuatan makanan pada tumbuhan. Kalau kita mengingat hubungan ini maka kita harus menyadari pentingnya tumbuhan dalam kehidupan kita.

Masihkah kita akan menghancurkan atau merusak hutan yang ada jika kita sudah mengetahui manfaat yang ada ?. Kita harus ingat fungsi hutan ini sangat banyak dan kita hanya mengetahui beberapa saja dan sebagian lagi tanpa kita sadari manfaatkan secara kasat mata tidak bisa kita lihat seperti oksigen yang ada diudara yang kita hirup setiap hari. satu pohon merupakan jiwa kita. Fungsi hutan secara garis besar adalah :
1. untuk mencegah banjir
2. mencegah terjadinya tanah longsor
3. penyedia cadangan air tanah
4, penyubur tanah
5. merupakan paru-paru bumi.


http://bgreeners.files.wordpress.com/2008/10/hutan14.jpg


Coba kita renungkan ungkapan ini : "menebang satu pohon adalah membunuh 2 (dua) jiwa". ungkapan ini terlihat aneh bagi kita tapi kalau kita mau memikirkannya maka akan terungkap kebenaran yang tersimpan didalamnya. Untuk menjawabnya kita melihat kembali hubungan anatara manusia dan makhluk lainnya khususnya tumbuhan, kita memerlukan tumbuhan begitu juga sebaliknya tumbuhan memerlukan manusia, bila tumbuhan mati manusia juga akan mati akibat dampak yang ditimbulkannya. Mungkin ini kedengarannya terlalu berlebih dan banyak yang menganggap mustahil tapi inilah kenyataan yang akan kita hadapi. jika pepohonan mati maka hutan menjadi gundul dan jika hujan datang akan terjadi tanah longsor atau banajir yang akan membuat manusia menderita harta dan benda bahkan nyawa.
Kita kalau mau sadar akibat dari kerusakan lingkungan seperti terjadinya banjir, tanah longsor dan musibah lain yang ditimbulkan oleh kerusakan hutan maka sudah sepantasnya kita saat ini mengambil langkah antisipasi ya setidaknya kita mempehatikan lingkungan yang ada disekeliling kita, dengan sedikit pengorbanan menamam pohon di rumah kita atau lahan yang gundul. Kalau kita mau jujur apa yang telah kita lakukan untuk menyelamatkan bumi terutama hutan dari kerusakan yang permanen. Satu pohon untuk kehidupan kita tidaklah sulit untuk kita lakukan. Satu pengorbanan kecil untuk suatu manfaat yang besar.


http://ayahaan.files.wordpress.com/2009/05/pohon-dokhomearcor-de.jpg


Arti satu batang pohon yang kita tanam memang sangat besar sekali dari pada kata satu pohon dan manfaat yang akan kita kita rasakan tidak hanya untuk kita saat ini saja tetapi juga untuk anak dan cucu kita. Satu batang pohon dapat menyelamatkan kita semua dan satu batang pohon merupakan satu jiwa bagi kita, marilah mulai saat ini kita sedikitnya menanam satu pohon saja. Satu untuk kehidupan umat manusia, satu untuk keselamatan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda, terima kasih