Kamis, 11 Juni 2009

Ketupat Bengkulu


Ketupat Bengkulu

http://files.myopera.com/BabyJay99/blog/ketupat.jpg


Pembaca pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ketupat, ya hampir setiap hari kita ketemu dengan ketupat apalagi jika kita makan sate kita pasti akan melihat ketupat. Ketupat terbuat dari daun kepada muda atau janur kelapa yang dianyam berbentuk segi empat yang disi dengan beras atau pulut (beras ketan) dan direbus. Pada Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha kita pasti membuat ketupat ataupun menikmatinya. Ketupat biasa disajikan dengan sayur nangka atau buncis ditambah rendang atau ayam goreng.

Terlepas dari ketupat diatas. yang akan dibahas adalah tentang ketupat yang berasal dari tempat lahir saya yaitu Bengkulu. Bengkulu adalah sebuah Propinsi yang Indah dan damai dengan ibukotanya Bengkulu. Bengkulu diapit oleh Propinsi Lampung, Sumatera selatan dan Sumatera Barat. Ketupat Bengkulu memang unik, dari segi bentuk memang hampir mirip dengan Ketupat biasa tetapi yang membedakannya adalah bentuknya yang besar dan kokoh seperti kepalan tangan orang dewasa. Memakan satu buah saja kita akan kekenyangan tidak percaya datang saja Bengkulu.

Ketupat Bengkulu cara pembuatannya sama seperti ketupat biasa dan dihidangkan dengan sayur nangka atau buncis ditambah rendang daging, atau ayam goreng dan ditaburi bawang goreng dan kerupuk merah. Ketupat bengkulu sungguh nikmat dan lezat.


http://image05.webshots.com/5/2/82/41/68728241SbAmGV_ph.jpg


Kalau Orang bicara ketupat Bengkulu ada dua persepsi yaitu jika orang lagi marah dan dan bilang nanti saya beri Ketupat Bengkulu itu artinya ia akan membogem atau memukul dengan menggunakan kepalan tangan ke wajah kita. (Ketupat Bengkulu = Tinju), yang kedua yaitu dalam arti sebenarnya adalah makanan ketupat beras. Mungkin dari segi bentuknya yang menjadi ketupat bengkulu sebagai simbol atau kata kiasan untuk mengganti kata kepalan tangan atau tinju.

Unik memang kalau kita menghubungkan arti ketupat dengan arti kiasan, kedua sama-sama memenuhi kriteria yang sulit untuk dilupakan walaupun orang tersebut bukan orang bengkulu kalau mendengar kata ketupat bengkulu ia akan tahu maksudnya yaitu tinju atau kepalan tangan. Merasa penasaran dengan ketupat bengkulu datang aja yaa ke Kota Bengkulu tercinta ........................





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda, terima kasih