Minggu, 14 Juni 2009

Sahabat Sejati

Sahabat Sejati

Siapa di dunia ini yang tidak mempunyai sahabat, yang jelas pasti punya. Bagaimana rasanya jika tidak mempunyai sahabat. Memang tiap orang berbeda-beda ada yang memiliki sahabat yang banyak sekali dan ada yang memiliki sahabat yang sedikit. Orang yang supel bergaul pasti akan memiliki banyak teman. Dapat kita bayangkan bagaimana rasanya hidup ini tanpa sahabat pasti akan terasa sunyi dan tidak berwarna. Memang dalam ini kita memiliki kakak atau adik, suami atu isteri ataupun orang tua yang selalu ada disamping kita. Orang terdekat kita seperti orang tua, kakak atau adik ataupun suami atau isteri maupun anak kita, meraka adalah orang yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari yang memberi warna dalam perjalanan hidup kita.

Dalam tulisan ini yang akan diangkat adalah orang kedua dalam kehidupan kita yaitu sahabat, baik sahabat kita sejak kecil, sahabat dilingkungan sekolah, kantor dan lain-lain. Orang banyak beranggapan sahabat hanya sebuah pergaulan antara diri kita dengan orang lain yang dekat dengan kita saja, tetapi makna sahabat akan lebih berarti bila kita menyebut Sahabat Sejati dalam kehidupan kita.

Memiliki sahabat sejati sangat menyenangkan, karena dapat membuat kita bahagia walaupun kita lagi kesusahan dan kita dapat berbagi pengalaman dalam menjalani hidup, membuat kita ceria dan kita dapat bersama-sama baik lagi sekolah, kuliah atau kita lagi bersantai. Sahabat sejati dapat berbagi dengan kita dan selalu siap membantu kita, tapi ingat kita tidak boleh memanfaatkan keadaan yang ada untuk keuntungan atau kepentingan diri kita sendiri atau kita mau menang sendiri

Sahabat sejati adalah sahabat yang selalu ada saat kita butuhkan dan mengerti akan diri kita dan yang paling utama sahabat sejati adalah sahabat yang mengerti kita baik dalam suka maupun duka. Suka dalam arti ia akan senang bersama kita dalam menjalani persahabatan dan senangn melihat kita senang, Duka dalam arti sahabat sejati itu selalu ada dan mendampingi kita jika kita menghadapi kesusahan atau kesulitan dan ia tidak pergi meninggalkan kita. Jadi dalam mencari sahabat kita harus pandai melihat dan memilih dalam arti kita tidak membedakan ia orang kaya atau tidak. Sahabat sulit dicari dan banyak yang hanya mau enak sendiri, ketika kita senang ia dekat sama kita tapi ketika kita susah ia meninggalkan kita. Sahabat sejati memang sulit menemukannya.

Sahabat sejati sangat mengerti keadaan kita dan ia siap menangis bersama kita jika kita kesusahan bagitu juga sebaliknya. Sababat sejati tidak pernah mau mengambil keuntungan dari pertemanan dengan kita. Sahabat sejati tidak pernah mau menyusahkan temannya serta sahabat sejati adalah jiwa kedua kita.
Ciri-ciri Sahabat sejati :
  1. Selalu ada jika kita butuhkan.
  2. Mengerti keadaan kita
  3. Selalu setia mendampingi dalam suka maupun duka.
  4. Tidak menang sendiri.
  5. Selalu melindungi atau membela kita (dalam hal yang benar).
  6. Selalu berbagi bersama.
  7. Mau mendengar dan memberikan masukan jika kita mendapat masalah atau kesulitan.
  8. sayang dan menyayangi.
Sahabat sejati tidak selalu harus ada didekat kita dalam artian ia akan ada jika membutuhkannya. Sahabat sejati akan enak diajak berdiskusi atau memecahakan suatu masalah dan ia tidak akan menceritakannya kepada orang lain. Kita juga tidak boleh mengabaikan sahabat kita yang lain karena kita sudah punya sahabat sejati. Sahabat sejati biasa setap orang hanya memiliki satu saja, tetapi ada juga yang memiliki lebih dari satu orang. Sahabat biasa berjenis kelamin yang sama dengan kita, tetapi ada juga yang berlainan jenis. Biasa sahabat sejati yang baik laki-laki atau perempuan memilik porsi yang berbeda-beda dalam membantu kita atau mendampingi kita dalam kehidupan ini. Sahabat sejati tidak akan mati waluapun nanti kita sudah berumah tangga, karena kita akan merasa sahabat sejati itu merupakan belahan jiwa kitadan tak mungkin terhapus begitu saja.

Sahabat sejati bukan berarti ia tidur, makan, bermain bersama kita terus (dimana ada kita disitu ada dia) , anggapan ini tidaklah logis dan masyarakat akan menilai jelek dengan pertemanan seperti ini. Tidak dapat dipungkiri peran Sahabat sejati dapat membantu kita tetapi kita tidak boleh terlena dan hanya mengandalakan sahabat kita.

Mungkin banyak yang bertanya sahabat sejati itu usianya apakah harus sama dengan kita, lebih tua atau lebih muda dari kita. Usia untuk sahabat sejati tidakmenjadi faktor untuk terjalin persababatan kita, banyak yang usianya lebih tua tetapi sahabat sejatinya lebih muda atau sebaliknya. Sahabat sejati tidak diukur oleh usia tetapi dari pengertian dan kepribadiannya terhadap kita dan lingkungannya. Ya kita juga harus melihat memilih juga sahabat sejati tersebut dan tidak mungkinkan kita mempunyai sahabat sejati yang masih berusia 10 tahun tetapi kita telah berusia 30 tahun kan lucu.

Sahabat sejati didapat disengaja atau tidak disengaja, disengaja memang kita mencarinya sesuai dengan keinginan kita. Tidak disengaja sahabat sejati itu datang sendiri menjadi teman kita. Sahabat sejati memang datang dari hati. Kita tidak dapat menolaak jika kita bertemu dengannya. Sahabat sejati berbaik hati menjadi teman kita di hati. Carilah sahabat sejati untuk mententramkan hati.....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda, terima kasih