Minggu, 03 Januari 2010

Tempoyak


Siapa yang tidak kenal Durian, semua orang pasti menyukai buah yang kulitnya berduri ini. Durian dengan daging buahnya yang tebal dan aromanya yang wangi banyak memikat perhatian orang untuk mencicipinya. Tapi tahukah anda bahwa durian juga dapat diolah menjadi lempuk atau dodol durian serta makanan lainnya.

Di kota Bengkulu kota kelahiran saya, selain dimakan sebagai buah segar juga diolah menjadi lempuk yang rasanya enak dan empuk atau dibuat dodol durian atau makanan lainnya. Durian juga dioleh menjadi Tempoyak. Pasti pembaca sudah ada yang tahu apa itu Tempoyak dan tiap daerah punya nama sendiri untuk menyebut durian yang diasamkan (didiamkan beberapa hari). Tempoyak terdiri dari daging buah durian tanpa biji dan diasamkan, warnanya kuning keemasan seperti mentega dan baunya agak berbeda dari wangi durian dan rasanya seperti buah durian cuma agak asam sedikit (Buah durian yang terlalu matang).

Tempoyak banyak di jual di pasar-pasar tradisional Bengkulu dan mudah didapat, apalagi bila musim durian tiba. Tempoyak diolah menjadi masakan yang nikmat dan gurih biasanya dipadukan dengan ikan atau udang. Tempoyak dapat juga dibuat sambal atau untuk pepes ikan.

Tempoyak dimasak bersama santan lalu ditambah bumbu serta cabe merah, setalah agak matang baru dicampur dengan goreng ikan atau udang. Wah jika kita mencobanya rasanya nikmat sekali karena perpaduan buah durian dan santan kelapa serta cabe merah. Tiba di lidah rasanya gurih dan pedas.

Tempoyak memang menjadi masakan yang pasti ada di Keluarga Bengkulu, karena rasanya tidak lengkap kita tidak memasak tempoyak untuk makan siang atau malam ketika musim durian tiba. Tempoyak memang rasanya unik dan merupakan bahan untuk masakan baik rasanya pedas atau agak pedas. Cobalah datang ke Kota Bengkulu, selain anda di sambut oleh keindahan alamnya dan kelezatan masakan asli bengkulu serta berbagai suvenir yang mudah didapat. Dan yang jelas jangan lupa mencicipi masakan Tempoyaknya dijamin ketagihan.
----------
------
---


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda, terima kasih